Jumat, 30 November 2012

Masalah Sosial : Pencurian Kendaraan Bermotor

Pencurian Kendaraan Bermotor
Assalamualaikum


Masalah Sosial adalah suatu ketidak sesuaian unsur baik dari budaya maupun masyarakat, sehingga dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial tertentu, Apabila terjadi bentrokan antara unsur yang ada dapat menimbulkan beberapa gangguan sosial seperti keresahan tersendiri dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Adapun masalah masalah yang terjadi belakangan ini, yakni pencurian kendaraan bermotor.

Masalah sosial inilah yang menjadi titik singkat dimana kondisi yang mengajukan mereka untuk melakukan hal seperti ini. Masalah sosial umumnya difaktorkan oleh 4 jenis, yakni :
1. Faktor Ekonomi
2. Faktor Budaya
3. Faktor Biologis
4. Faktor Psikologis

Dalam penjelasan tentang masalah sosial, kita mengangkat dengan tema "Pencurian Kendaraan Bermotor" yang menjadi perbincangan warga sekitar dengan aksi yang meresahkan tersebut. 

(13/11/2012) Baru saja terjadi pergantian waktu namun barang yang telah hilang susah untuk diganti dikarenakan terjadi kasus pencurian motor komplek Perum XX (Nama Disamarkan). Masyarakat RT03/18 pun resah akibat marak terjadinya pencurian bermotor. Selaku korban mengatakan bahwa saat dia masuk kerumah untuk menunaikan ibadah shalat dzuhur dengan kondisi motor didepan rumah, saat keluar ternyata motor sudah hilang. Tidak ada jejak atau kasus yang mendasari aksinya pencurian tersebut.

Dalam kasus tersebut dapat di minimalisir bahwa kasus ini masuk dalam faktor ekonomi, dimana pelaku pencurian bertahan hidup namun dengan cara yang kurang baik/haram. 

Siapa saja pelaku sosial ?
Para pihak yang berwajib tentunya yang mencari bukti dari kasus tersebut, selaku warga yang menjadi saksi terjadinya aksi tersebut dan dapat diartikan bahwa masalah ini tidak dapat terhenti apabila faktor ekonomi individu belum dapat teratasi dengan baik.

Lalu, apa solusi yang baik untuk mengatasi hal tersebut ?
Solusi dari masalah tersebut bisa diatasi dengan cara melakukan pengamanan secara terpadu dan jalin komunikasi yang baik antar sesama warga sekitarnya. Sehingga, dapat saling terkoordinir dengan baik dalam hal menjaga dan mengatasi aksi pencurian yang marak terjadi. 

Sekian dan terimakasih

0 Komentar:

Posting Komentar

 

The Lounge! perdananekay's blog Copyright © 2011 | Template design by nekaydesign | Powered by Blogger