Jumat, 21 Desember 2012

Saya?Maha?Siswa



Mahasiswa ? Saya seorang mahasiswa ? 

Penuh tanda tanya mendengar kata "Maha" dan "Siswa". Apasih mahasiswa ? Iya, mahasiswa adalah pelajar yang belajar pada tingkat perguruan tinggi disuatu universitas atau sederajatnya. Karena kamu itu mahasiswa, ada kata MAHA di depan siswa. Maha itu identik dengan tidak terbatas dan tidak pernah habis. Perlu di ingat, bahwa penggunaan kata MAHA itu identik dengan sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan (e.g Maha Pengasih,dan Maha Penyayang). Menariknya bahasa Inggris nya dari Mahasiswa adalah student, atau terkadang ditambahkan College Student. Bahasa arabnya mahasiswa adalah thulabiy, sama dengan siswa. Mereka tidak menggunakan terminologi Great Student atau AkbaruThulabiy sebagai kata ganti mahasiswa.

Hanya di Indonesia yang menggunakan pola kata seperti ini. Kenapa ? Karena ada sebuah harapan khusus bagi mahasiswa Indonesia untuk bisa memiliki karakter seorang MahaSiswa, seorang yang tidak pernah terbatas hasratnya untuk bisa menuntut ilmu.


"Berjuta juta rakyat menanti aksi  generasi muda yang pencetus, pendiri dan pengembang bangsa", Itu adalah sekutip kalimat yang mengungkapkan rasa berharap yang besar terhadap mahasiswa mahasiswa yang nantinya akan menggantikan generasi generasi lama. Tapi, apa yang kalian lakukan selama menjadi mahasiswa ? Hanya bergaya dengan mobil keren penarik mata belaka ? Bergaya dengan dandan seperti model tingkat internasional ? Menjadi manusia hedon ?

Hey kamu yang merasa mahasiswa !!
Setelah menjadi mahasiswa selama 4 tahun, apa yang kalian inginkan berikutnya ? Untuk apa tittle yang akan kamu raih ?

"Ah saya sih ikutin aja"
"Ah liat nanti aja, wisuda dulu baru mikir kedepannya bagaimana"
" Engga tau, bingung"

Memang tak  ada yang salah dengan kata kata ini, toh kita tak tahu kedepannya akan seperti apa. Tapi jika kita bertanya lebih lanjut, Apakah kampus tidak membangun mimpi kalian ? Memang sudah meng-aplikasikan apa saja selama 4 tahun ini ? Sudah memberi kontribusi apa saja ? Butuh waktu berapa tahun lagi kalian untuk membangunkan mimpi besar kalian sebelum menjadi mahasiswa ? Ini seperti "Mati segan hidup-pun enggan"

Mereka yang tidak punya mimpi akan terjebak pada kegalauan hidup, dan bila kegalauan hidup menemani mereka maka ketidakpastian akan menjadi sahabat, dan akhirnya berujung pada ketidakjelasan manfaat hidup itu sendiri.

Mulai kalian mencari diri sendiri, bukan terjebak dalam kegalauan hidup. Cari potensi yang dapat mengembangkan dan menguntungkan kalian. Kalian adalah mahasiswa yang nantinya akan mencetus negara ini dengan aksi positif kalian. Kalian masih ingatkah dengan kalimat ini ;

"Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani”" 

Dengan kalimat inilah kita berfokus pada tujuan kita, fungsi kita sebagai mahasiswa dalam masyarakat dan apa kontribusi kita untuk negeri ini. Hidup Mahasiswa !!

0 Komentar:

Posting Komentar

 

The Lounge! perdananekay's blog Copyright © 2011 | Template design by nekaydesign | Powered by Blogger